Sunday, March 3, 2013

Cara Merawat Sepatu & Tas Berbahan SUEDE


Jenis bahan suede sering dipakai sebagai bahan baku pembuatan sepatu, tas, dan aksesoris perempuan lainnya. Namun demikian, meskipun terlihat menawan, banyak yang enggan untuk menggunakannya karena dianggap sulit untuk merawatnya. Simak beberapa tips berikut tentang bagaimana cara merawat bahan suede.
1. Suede protector
Benda yang satu ini berupa cairan yang disemprotkan pada benda yang berbahan suede. Cara menggunakannya sangat mudah, semprot secara merata pada tas atau sepatu berbahan suede. Suede protector banyak tersedia di supermarket maupun di toko – toko sepatu.

2. Sikat gigi
Selain itu bisa juga dengan menggunakan sikat gigi yang lembut dan kering. caranya, Anda hanya cukup menyikatnya dengan satu arah.

3. Karet penghapus
Gunakan karet penghapus untuk menghilangkan noda ringan dan noda baru. Gosok searah secara merata, gosok secara halus dan jangan ditekan.

4. Sikat gigi dan air
Untuk noda yang menempel, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang dicelupkan di air bersih. sikat searah pada noda. Untuk mengeringkannya, letakkan bahan suede pada kipas angin. Jangan sekali-kali menjemur bahan suede di bawah sinar matahari.

5. Suede cleaner
Bila noda pada bahan suede sangat membandel dan tidak bisa dihilangkan dengan cara-cara diatas, gunakanlah Suede Cleanser. Semprotkan suede cleaner pada noda kemudian sikatlah bagian yang disemprot.

6. Berikan wadah khusus
Simpan barang-barang berbahan suede jika dirasa akan lama tidak dipakai. Masukkan tas atau sepatu ke wadahnya. Kemudian isikan koran ke dalam tas atau sepatu agar bentuknya tetap  terjaga.

7. Silica gel
Masukkan silica gel dan kamper pada kotak sepatu atau tas agar kelembapan dan baunya terjaga. selain itu, silica gel juga mencegah serangga masuk ke dalam sepatu.

8. Hindari mencucinya dengan deterjen
Jangan mencuci apalagi merendam suede dengan deterjen. Suede yang telah terkena air cenderung akan mengeras ketika kering. (berbagai sumber/Nana Febrina/Eno)


link  http://www.metrotvnews.com/lifestyle/read/2013/03/03/923/135327/8-Cara-Merawat-Sepatu-dan-Tas-Berbahan-Suede

No comments:

Post a Comment