Thursday, December 20, 2012

Creamy Bolognese Fries


 
 Creamy Bolognese FriesBaik itu sebagai camilan menonton DVD, menonton pertandingan bola, atau saat menjamu acara kumpul-kumpul di rumah, kentang goreng selalu jadi pilihan yang oke. Selain membuatnya mudah, modalnya pun murah.

Namun jika Anda merasa kentang goreng terlalu biasa dan membosankan, coba variasi kentang goreng Creamy Bolognese Fries ini, yang biasa ditemukan di menu-menu berbagai kafe. Cara membuatnya juga mudah, bisa dilakukan bahkan oleh Anda yang tak biasa berada di dapur.


BAHAN-BAHAN:

600 gram kentang, diiris lurus
100 gram daging giling    
60 gram jamur champignon (1 butir dipotong jadi 4)
5 sendok makan kacang merah
Krim keju secukupnya
1 sdk makan tomato paste   
1 buah tomat segar, direbus, angkat, buang kulitnya, blender
4 sdk makan saus tomat
½ buah paprika dipotong dadu
40 gram bawang bombay dipotong dadu
10 gram bawang putih diiris tipis
1-2 sendok teh (sesuai selera) lada putih bubuk   
Garam sesuai selera
Bubuk kaldu ayam sesuai selera
Minyak goreng secukupnya
Air secukupnya


CARA PEMBUATAN:
(Dimasak dengan api kecil dan wajan antilengket).

1. Masukkan minyak goreng secukupnya, jangan terlalu banyak, ke dalam wajan. Tunggu hingga agak panas, kemudian masukkan bawang bombay dan paprika yang sudah dipotong dadu, dan bawang putih yang sudah dicincang. Biarkan hingga harum.

2. Masukkan daging giling yang telah dicuci dan disaring, aduk hingga merata. Tambahkan garam secukupnya, lada bubuk, dan garam sesuai selera. Aduk hingga daging berubah warna.

3. Masukkan tomat segar yang telah direbus, dikupas kulitnya, dan diblender, dan masukkan pula tomato paste dan saus tomat botol. Aduk hingga rata dan masukkan air sekitar 500 ml, aduk hingga mengental dan paprika layu. Jika paprika belum layu, dapat dimasukkan air kembali.

4. Masukkan kacang merah, aduk hingga rata dan saus meletup-letup, kemudian matikan api kompor.

5. Goreng kentang hingga berwarna agak kekuningan, angkat, tiriskan, lalu taburi garam dan bubuk kaldu ayam sesuai selera. Setelah itu, lumuri bagian atas kentang dengan krim keju, lalu taburkan bumbu saus merah yang sudah jadi, dan berikan taburan bawang bombay yang dipotong dadu.

Resep ini untuk 3 porsi.

No comments:

Post a Comment